Cara Kerja Vitamin dan Fungsinya Di Dalam Tubuh SehatQ.com

Cara Kerja Vitamin dan Fungsinya Di Dalam Tubuh SehatQ

Hallo warga net sehat jumpa lagi dengan saya dalam Artikel Kesehatan seputar Vitamin. Pada kesempatan kali ini saya akan sharingkan kepada anda semua bagaimana sih sebenarnya Cara Kerja Vitamin Dalam Tubuh Kita. Vitamin yang biasa kita kenal yaitu Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E dan Vitamin K. Jadi abjad abjad A,B,C,D,E dan K tadi bukan sembarang abjad, jadi abjad abjad tadi merupakan vitamin yang di butuhkan oleh tubuh kita.

Apa Itu Vitamin ?

Apa sih vitamin itu ? vitamin merupakan material pembangun yang dibutuhkan oleh tubuh kita, jadi vitamin vitamin ini di butuhkan dalam jumlah kecil agar tubuh kita dapat berfungsi sebagai mana mestinya. Kenapa saya bilang dalam jumlah kecil ? karena vitamin vitamin ini kalau kita lihat satuannya adalah microgram, milligram, dan itu sangat kecil sekali. Tapi dalam jumlah yang kecil ini sangat sangat penting bagi tubuh kita agar dapat berfungsi dengan baik.

Cara Kerja Vitamin

Di dalam tubuh kita terdapat 3 pekerja yaitu :

  1. Pekerja yang pertama berfungsi sebagai pembangun
  2. Pekerja yang kedua sebagai defender ( yaitu sebagai pertahanan tubuh),
  3. Pekerja yang ketiga sebagai maintenance worker

Jadi maintenance worker ini kalau saya ibaratkan seperti pekerja harian dan ketiga pekerja ini semuanya membutuhkan vitamin agar dapat bekerja dengan baik. Vitamin ada 2 jenis yang pertama adalah water soluble (vitamin yang larut di dalam air), kemudian ada fat soluble (vitamin yang larut di dalam lemak). Saya akan bahas satu per satu bagaimana vitamin vitamin ini bekerja dalam tubuh kita, jadi vitamin ini bagaimana di transportasi, bagaimana vitamin ini disimpan, bagaimana vitamin ini di buang dalam tubuh kita.

Artikel Terkait :   9 MANFAAT PUASA UNTUK KESEHATAN

Yang pertama kita bahas dulu vitamin yang larut air, contohnya ada 2 jadi vitamin C dan vitamin B. Vitamin B sendiri ada 8 jenis vitamin, jadi bisa saya bilang vitamin ini namnya vitamin B Kompleks. Ada vitamin B1, B2, B3, B5,B6, B7, B9, B12 jadi makanya di bilang vitamin B kompleks karena bukan Cuma 1 vitamin B.

Vitamin C dan vitamin B kompleks ini dapat mudah sekali masuk dalam tubuh kita dapat mudah sekali masuk dalam saluran pembuluh darah kita. Karena di dalam pembuluh darah kita itu 83% isinya cairan kurang lebih 83% isinya cairan dan berupa plasma darah. Jadi mudah sekali di edarkan ke seluruh tubuh dan dapat digunakan oleh tubuh itu sangat mudah sekali. Sedangkan vitamin vitamin yang larut lemak seperti vitamin A,D,E, dan K itu untuk masuk ke dalam tubuh jadi saat kita makan itu akan melewati lambung dan usus.

Jadi saat itu liver atau hati akan menghasilkan namanya cairan empedu, cairan empedu ini bertugas untuk memecah lemak, artinya lemak ini dapat digunakan karena vitamin tersebut larut dalam lemak sehingga dapat masuk di serap oleh dinding usus tadi dan masuk ke dalam pembuluh darah, itu pun vitamin vitamin ini akan membutuhkan protein sebagai alat transportasi.

Jadi tidak bisa seenaknya seperti vitamin yang larut air tadi, jadi vitamin. Vitamin yang larut lemak ini akan membutuhkan transportasi istilahnya kalau saya bilang taksi. Taksinya ini berupa apa sih ? berupa protein untuk dapat di edarkan di seluruh tubuh maka vitamin membutuhkan transportasi yaitu “PROTEIN”, itu dari segi transportasinya.

Kemudian yang kedua dari segi bagaimana vitamin vitamin tersebut dapat disimpan di dalam tubuh? Kita bahas dulu vitamin yang larut air tadi, jadi vitamin C dan vitamin B itu tidak dapat di simpan dalam tubuh dalam jangka waktu lama. Contoh seperti ini misalnya saya sekarang mengkonsumsi vitamin C atau vitamin B dua jam atau 3 jam lagi saya buang air kecil dan vitamin itu akan ikut terbuang. Kenapa ? karena larut dalam air jadi sangat mudah sekali di keluarkan melalui ginjal kita. Apa sih bedanya dengan vitamin yang larut lemak seperti vitamin A,D,E, dan K.

Artikel Terkait :   6 Manfaat Puasa Ramadhan Untuk Kesehatan

Vitamin A,D,E, dan K yang larut di dalam lemak tadi itu akan disimpan di dalam hati dan disimpan dari dalam sel-sel lemak di dalam tubuh. Jadi vitamin vitamin tersebut tidak mudah di buang oleh tubuh, jadi kita juga harus membatasi asupan asupan vitamin karena vitamin vitamin ini dapat disimpan.

Saya akan berikan contoh untuk vitamin yang larut dalam lemak. Jadi misalkan di dapur anda ada sebuah lemari makanan anda dapat menyimpan makanan disana, ibaratkan lemari makanan ini adalah hati anda. Jadi hati anda yang berfungsi menyimpan vitamin vitamin yang larut lemak tadi tentu saja anda tidak mungkin mengkonsumsinya berlebihan karena vitamin vitamin ini akan membebani liver anda jika anda mengkonsumsinya secara berlebihan.Sama misalnya dalam lemari makanan anda itu penuh dengan makanan anda tidak mungkin mengisinya lagi dengan makanan.

Lemari makanan ini berfungsi untuk apa ? jadi saat kita membutuhkan kita dapat mengambil dari lemari makanan tersebut.Kurang lebih sama kerjanya dengan tubuh anda.Saat tubuh anda membutuhkan vitamin-vitamin tersebut maka tubuh anda akan mengambil dari tempat penyimpanannya. Dengan catatan tempat penyimpanannya harus dalam keadaan baik, saya rasa anda sudah cukup paham tentang bagaimana kerja vitamin dalam tubuh anda.

Sekarang saya akan memberikan sedikit fungsi dari apa sih vitamin vitamin tersebut fungsinya ?

Fungsi Vitamin B

Vitamin B misalnya, vitamin B ini bertugas sebagai koenzim yang membantu enzim dalam proses tubuh mengasilkan energi. Kemudian vitamin C sendiri mempunyai kemampuan untuk melawan infeksi dan membentuk kolagen dalam tubuh kita.Jadi kolagen ini dibutuhkan untuk jaringan tulang kita, gigi, kulit dan sebagainya.

Fungsi Vitamin A

Lalu vitamin A ini mempunyai kemampuan untuk membuat sel darah putih yang untuk pertahanan tubuh kita tentunya,untuk membantu pembentukan tulang, dan untuk membantu penglihatan juga (vision).

Artikel Terkait :   Resep Mpasi 9 Bulan yang Sehat dan Mengenyangkan Perut Si Kecil

Fungsi Vitamin D

Kemudian vitamin D, vitamin D ini berfungsi untuk mengumpulkan kalsium dan fosfor yang akan digunakan dalam pembentukan tulang nantinya.

Fungsi Vitamin E

Lalu Vitamin E ini bekerja sebagai antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas yang merusak sel-sel di tubuh kita.

Fungsi Vitamin K

Kemudian vitamin K, vitamin K berfungsi mempunyai kemampuan untuk menghentikan pendarahan terutama pada saat mengalami luka jadi disitu vitamin K berperan.

Tanpa adanya vitamin vitamin tersebut,tubuh kita tidak akan seimbang jadi tubuh kita akan mudah mengalami masalah masalah seperti kelelahan,kerusakan syaraf, gangguan jantung, dan berapa penyakit seperti ricketsia dan scurvy.

Disisi lain terlalu banyak mengkonsumsi vitamin atau mengkonsumsi vitamin dalam jumlah berlebihan itu juga merupakan racun bagi tubuh anda.Dan yang terbaik adalah anda mengkonsumsi vitamin yang sesuai dengan kebutuhan anda.Dan saya akan menjelaskan fungsi vitamin ini satu per satu di artikel kesehatan berikutnya. Jika anda menyukai artikel kesehatan dan gaya hidup seperti ini anda boleh klik lebih lengkap di SehatQ.com jangan lupa like dan share di bawah ini, sampai jumpa di artikel saya selanjutnya salam hebat luar biasa.

Recommended For You

About the Author: mstdn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *